Exception Handling

         Pada post kali ini, saya akan mencoba menjelaskan tentang salah satu konsep dasar dalam pemrograman , yaitu Exception Handling. Bagi programmer, kata "Error" merupakan kata yang sering didengar. Error bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan apabila kita mengetahui cara menanganinya. Nah, dengan menggunaan Exception, kita mampu menangani error yang ada.

        Exception Handling merupakan mekanisme yang paling diperlukan dalam menangani error yang terjadi pada saat runtime (program berjalan) atau yang lebih dikenal dengan sebutan runtime error. Runtime error dapat menyebabkan sebuah program berhenti atau hang. Untuk itulah diperlukan mekanisme untuk memastikan bahwa program tetap dapat berjalan meskipun terdapat kesalahan yang terjadi.

       Kata kunci yang ada dalam proses ini antara lain:

1. try : Digunakan untuk menentukan bagian mana yang akan terjadi sekiranya ada kesalahan. Setiap ada try, harus ada catch atau finally
2. catch : Digunakan untuk menangani kesalahan yang terjadi.
3. finally : Bagian yang akan berjalan baik ada maupun tidak ada kesalahan.

Untuk source code terdapat dua class yaitu:

1. Pembagian.java (class pembagian tanpa try and catch)

Output dari program di atas:



Bisa dilihat saat pembagi merupakan bilangan nol, maka akan terjadi error. Namun, kita bisa menangani hal ini menggunakan sistem try-catch.

2. PembagianFIX.java (class pembagian dengan try-catch-finally)

Output dari program di atas:



Tidak terjadi error saat kita memasukkan pembagi bilangan nol, karena kita menerapkan konsep try-catch (finally disini bersifat opsional jika sudah terdapat catch).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simple Traffic Light