Auction System

    Pada post kali ini, akan dijelaskan proses pembuatan Sistem Lelang (Auction System). Pada program ini terdapat beberapa class, diantaranya Auction, Lot, Bid, dan Person. Program ini bertujuan untuk mengaplikasikan kegiatan pelelangan dalam aplikasi sederhana. 

Diagram Kelas

Auction Class

    Class ini memiliki fungsi sebagai tempat pelelangan berlangsung. Terdapat beberapa barang yang dapat diedit sehingga lebih dinamis. Source code dari Auction class adalah sebagai berikut.


Lot Class

    Class ini memiliki fungsi untuk menyimpan penjelasan dari suatu barang, seperti deskripsi barang dan tawaran tertinggi. Tawaran dalam class ini bersifat dinamis, misalnya jika ada tawaran yang lebih tinggi daripada tawaran tertinggi saat ini, maka nilai tawaran akan berubah. Source code dari Lot class adalah sebagai berikut.


Bid Class

    Class ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan penawaran. Dalam class ini terdapat objek Person sebagai penawar dan tawaran yang ingin diajukan. Source code dari Bid class adalah sebagai berikut.


Person Class

    Class ini berfungsi sebagai perwujudan dari manusia yang akan melakukan penawaran. Terdapat nama penawar dalam class ini. Source code dari Person class adalah sebagai berikut.


Output

Langkah-langkah untuk melakukan penawaran dalam sistem pelelangan ini adalah sebagai berikut.
1.    Buat objek baru untuk class Auction.
Langkah 1

2.    Untuk memasukkan barang dalam list barang, panggil method enterLot()dengan parameter deskripsi barang yang ingin dimasukkan.
Langkah 2

3.    Untuk memastikan barang sudah berhasil diinput, panggil method showLot().
Langkah 3

4.    Untuk menghapus barang yang tidak diinginkan, panggil method removeLot()dengan parameter nomor barang yang akan dihapus.
Langkah 4

5.     Untuk melakukan penawaran, terlebih dahulu buat objek person yang difungsikan sebagai penawar.
Langkah 5

6.    Panggil method makeABid()dengan parameter nomor barang, nama Penawar, dan nilai yang akan ditawarkan.
Langkah 6


7.    Untuk mengakhiri pelelangan, panggil method close(), sehingga seperti inilah hasil akhirnya.
Langkah 7

    Demikian hasil dari program Auction. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simple Traffic Light